Apa dan bagaimana penanganan Patah Tulang

Benturan fisik antara tubuh dengan benda lainnya dapat menyebabkan patah tulang tertentu. Oleh karena itu,cedera ini memerlukan pertolongan untuk tahap perbaikan atau pengembalian ke keadaan semula.


Pada kecelakaan ini biasanya dibagi dalam dua kondisi yang kondisi patah tulang/ retak yang disertai pendarahan dan patah tulang tanpa pendarahan.Pertolongan kondisi yang pertama akan sangat berbeda dengan kondisi kedua.



Penanganan pertama



a) Langkah awal pertolongan yaitu dengan melihat kondisi korban.apakah ada pendarahan atau ada tulang yang patah.

b) Usahakan menghentikan pendarahan jika terjadi pendarahan

c) Lindungi bagian yang cedera dengan mengikatkan kayu agak panjang agar tidak banyak benturan maupun pergerakan.

d) Berikan ramuan berupa tanaman obat yang bersifat penghilang rasa sakit anti pendarahan serta anti bengkak

e) Bawa secepatnya ke tempat perawatan selanjutnya.Tujuannya agar pengembalian fraktur tulangnya ke posisi semula, baik lewat operasi dengan bantuan alat dan dan tenaga medis maupun ke tempat pengobatan tulang lain selain medis.



Kondisi tulang yang tidak patah atau hanya retak saja biasanya jarang disertai pendarahan karena benturan fisik yang terjadi tidak sekeras tulang patah.Penanganannya hampir pasti lebih mudah dan singkat dari pertolongan untuk tulang patah yaitu hanya memberikan tanaman obat bersifat anti bengkak dan pengurang rasa sakit. Pertolongan lanjutan yaitu membawa ke rumah sakit maupun tempat non medis seperti pengobatan alternatif.



Resep



Pengobatan patah tulang untuk pertama kali dapat menggunakan jenis tanaman daun dewa



Resep 1

Bahan : Daun dewa ( Gyunara segetum )



Cara pemakaian :

a) Lumatkan umbi yang banyaknya disesuaikan dengan ukuran luka.

b) Balurkan ramuan pada bagian yang patah. Usahakan seluruh bagian tubuh yang terkena patah tulang tertutup lumatan umbi.



Tanaman daun dewa bersifat antikoagulan, penstimulasi sirkulasi, penghenti pendarahan, anti racun, dan penghilang panas. Oleh karena itu diharapkan luka menjadi tidak bengkak dan cepat pulih jika posisi kerusakan tulang sudah diperbaiki

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut