Penyebab Lepuh di kulit

Lepuhan timbul akibat adanya tekanan atau gesekan kulit dengan benda keras, seperti kaus kaki atau benda benda yang lain yang dipegang terlalu lama kulit atau bersentuhan dengan benda keras, seperti kaus kaki atau benda benda lain yang dipegang terlalu lama kulit atau bersentuhan dengan benda panas maupun tersiram air panas.Pada kulit akan terbentuk gelembung berisi cairan.
Gelembung lepuhan tersebut terasa perih, panas, dan bahkan terasa sangat sakit.Lepuhan pada kulit jangan sampai pecah karena lapisan kulit yang menutup lepuhan itu melindungi bakteri yang akan mengakibatkan infeksi .Seandainya tidak pecah, cairan dalam lepuhan akan terserap kembali oleh kulit walaupun prosesnya sangat lama.




Penanganan Pertama

a) Hindarkan bersinggungan dengan benda lain agar luka tidak pecah.

b) Berikan ramuan tanaman obat yang berfungsi mengurangi pembengkakan,anti inflamasi, penurun panas dan penghilang rasa sakit



Resep

Pengobatan pertama kali untuk lepuh dikulit dapat menggunakan 2 jenis resep yang bahan bakunya lidah buaya dan tapak liman.



Resep 1



Bahan : Lidah Buaya ( aloe vera )


Cara pemakaian :

a) Buang kulit atau potong daun lidah buaya

b) Biarkan sampai keluar lendir

c) Oleskan pada bagian yang sakit sesering mungkin



Lidah buaya bersifat dingin dan antiradang. Oleh karena itu, setelah pemakaian lendir lidah buaya ini bagian lepuhan akan terasa dingin dan rasa perih berangsur angsur berkurang.



Resep 2




Bahan tapak liman (Elephantophus scaber )

Cara pemakaian :

a) Bersihkan tanaman tapak liman dari akar batang dan daun.

b) Tumbuk halus tapak liman segar yang banyaknya disesuaikan dengan ukuran luka.

c) Balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit hingga tertutup secara merata.



Tapak liman akan sangat membantu mengurangi rasa panas dan mempercepat proses penyembuhan dengan cara mencegah luka terinfeksi dan mengurangi pembengkakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut