Menghindari mabuk diperjalanan

Mabuk perjalanan kerap menimpa wanita dan anak anak.Mabuk baisanya terjadi secara mendadak dan dimulai dengan perasaan tidak enak,mual pusing, keluar keringat dingin, pusing kemudian muntah muntah. Gangguan ini terjadi karena korban atau penderita mengalami gerakan yang terus menerus atau mencium bau aroma sesuatu yang memicu rasa mual serta pusing.

Mabuk perjalanan bisa terjadi bila naik sarana transportasi seperti mobil, kapa laut, kapal udara, kereta api, komedi putar dan lain lain. Gerakan ini mengakibatkan pesan dari telinga tengah yang mengatur keseimbangan serta pesan dari mata tidak selaras sehingga menyebabkan mabuk. Mabuk perjalanan ini akan berhenti jika kendaraan berhenti.



Penanganan Pertama



Penanganan pertama terhadap orang yang mabuk perjalanan dengan memijat pada bagian tengkuk, memberikan bau bauan yang segar seperti minyak angin dan memberikan udara segar yang banyak agar tercipta suasana sejuk. Selain itu, korban diberikan ramuan tanaman obat.



Resep

Pengobatan pertama kali untuk mabuk diperjalanan dapat menggunakan resep yang berbahan baku jahe.



Bahan : Jahe ( zingiber officinale rosc )

Cara pemakaian :

a) Seduh atau rebus jahe segar 20 g ( 2 rimpang ) dengan 3 gelas air beberapa saat hingga layu.

b) Biarkan mendidih dan airnya hingga tersisa setengah bagian ( 1.5 gelas )

c) Saring ramuan

d) Tambahkan gula secukupnya

e) Minum ramuan menjelang kepergian dengan kendaraan ataupun sedang dalam perjalanan.



Jahe terbukti efektif mengurangi mual mual karena mabuk perjalanan.Dengan mengkonsumsi minuman jahe ini, risiko mabuk perjalanan dapat dikurangi.

1 komentar:

Anonim 18 Januari 2010 pukul 16.15  

nice info bro. waktu anak anak sering ginian, tapi seiring bertambah waktu dan usia, ternyata bisa terlewati dengan sendirinya

Posting Komentar

Pengikut