Stroke

Pola hidup yang kurang sehat dan tidak seimbang , kolestrol tinggi, gula darah meningkat, serta tekanan darah tinggi dapat memacu timbulnya stroke. Stroke terjadi karena penyumbatan darah serta penyumbatan dan pecahnya pemuluh darah otak.


Ketika pembuluh darah otak tersumbat dan pecah maka jaringan otak kekurangan oksigen sehingga syaraf yang sangat vital akan terganggu fungsinya. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan yang hebat pada otak sebagian yang akhirnya mengakibatkan stroke.





Gejala awal stroke ditandai dengan nyeri kepala, pusing, mengantuk, dan kekacauan mental.Stroke ringan ditandai dengan kekacauan bicara, pikiran, gerakan, sensasi dan penglihatan. Gejala stroke dapat dilihat dari perubahan seperti mulut encong, penglihatan kembar, rasa berputar,penglihatan berkunang kunang, bicara pelo, rasa baal atau kesemutan pada muka atau separoh muka dan lumpuh salah satu sisi bagian tubuh..Biasanya gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya.






Gejala stroke berat dapat dilihat dari penderita jatuh dan terbaring seperti tertidur mulas, muka kemerahan, pernapasan turun naik, nadi berdenyut lambat, salah satu tungkai lemas, cacat tubuh atau lumpuh total dan tidak dapat berkomunikasi.Juga otot-otot mengisut hingga seluruh tubuh menjadi kaku. Apabila sudah parah dapat mengakibatkan kematian.






Penanganan pertama






Pertolongan pertama pada penderita stroke yaitu dengan pemberian ramuan tanaman obat yang berfungsi memecah gumpalan darah, mencegah pembekuan darah, melancarkan peredaran darah, memperbaiki jaringan yang rusak, menurunkan tekanan darah, serta menambah daya tahan tubuh, sehingga diharapkan serangan stroke berulang dapat dihindarkan.






Resep untuk pengobatan penyakit stroke dapat menggunakan tanaman obat seperti daun dewa, pegagan, sambiloto dan sambung nyawa.






Resep I



Bahan : Pegagan ( centella asiatica )






Cara pemakaian :


a. Rebus 20 g akar daun pegagan dengan 3 gelas air dalam kuali tanah


b. Biarkan mendidih dan air samapi tersisa setengah bagian


c. Saring, lalu minum ramuan 3 kali masing masing ½ gelas.






Usahakan ramuan diminum waktu perut kosong dan sebelum makan






Resep II



Bahan : Daun dewa (Gyuna segetum )






Cara pemakaian 1 :


a Lalap 3 lembar daun segar dengan frekuensi sehari 3 kali






Cara pemakaian 2 :


a. Tumbuk halus 20 g umbi daun dewa


b. Tambahkan 100 ml (1/2 gelas ) air matang hangat.


c. Saring ramuan


d. Minum ramuan sehari sekali tiap sore hari






Konsumsi daun maupun umbi daun dewa banyak menolong menyembuhkan penyakit stoke. Tumbuhan ini menghilangkan pembekuan darah di bagian pembuluh darah sehingga mencegah dan mengobati stroke Tumbuhan ini menghilangkan pembekuan darah di bagian pembuluh darah sehingga mencegah dan mengobati stroke serta serangan jantung.






Resep III



Bahan : sambung nyawa ( Gynura procumbens )


Cara pemakaian :


a Lalap daun segar sebanyak 2-3 lembar tiap hari atau jus daun segar, lalu minum.


b Lakukan mengkonsumsi sebanyak 3 kali sehari sampai benar benar sembuh.






Sambung nyawa biasanya dikonsumsi untuk menurunkan kolestrol dalam darah terutama bagi penderita jantung koroner maupun stroke yang disebabkan oleh tingginya kadar kolestrol darah.


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut